HARAP BANTUANNYA
Dibantu promosi blog ini ke teman-teman jika anda merasa bahwa blog ini cukup menarik. atas kesempatannya, saya ucapkan terima kasih :)

Thursday 14 August 2014

Apakah tindakan berperang itu benar?

Sebagai umat beragama, tentu kita pernah mendengar bahwa Yesus mengatakan hukum yang utama adalah hukum cinta kasih. Bahkan Yesus menyebutkan bahwa umat beriman harus mengasihi musuhnya, karena jika hanya mengasihi orang yang mengasihi dia, apalah bedanya dengan orang yang tidak memiliki iman. Oleh karena itu, apakah berperang dapat dikatakan mengasihi musuh kita? Apakah berperang dapat membuat permusuhan terselesaikan?
Berperang bukanlah sesuatu yang menunjukkan kasih, berperang bukanlah jalan untuk menyelesaikan permusuhan. Permusuhan bahkan dapat bertambah parah jika perang tersebut berdampak pada orang lain. Kasih seperti yang diajarkan oleh Yesus mampu menyelesaikan masalah permusuhan, bahkan Yesus yang berusaha dijatuhkan oleh orang-orang Farisi dan Ahli Taurat justru tidak pernah menaruh dendam pada mereka. Yesus menunjukkan bahwa kasih memiliki kuasa yang besar, seperti dengan kasihNya, manusia dan Bapa telah didamaikan.
Saat ini perang masih saja terjadi, tidakkah kita sadar bahwa berperang tidak akan menyelesaikan masalah karena pada intinya hanya bertujuan untuk menghilangkan musuh dengan membinasakannya. Apabila perang tidak berhenti, berapa yang akan binasa karenanya? Tidakkah kita harus mengasihi sesama kita seperti mengasihi diri kita sendiri?
"Bapa, hari ini kami berdoa kepadaMu, Engkau tentu tahu akan apa yang terjadi di atas bumi ini. Peperangan terus terjadi, selalu terjadi saling balas serangan dan menewaskan banyak orang yang sebenarnya tidak terlibat dalam perang. Berilah setiap pihak yang berperang kasih agar mereka dapat berdamai dengan musuh mereka dan mewujudkan dunia yang damai dan saling mengasihi. Saling membantu setiap orang yang mengalami kesulitan dan bersama-sama memajukan peradaban manusia. Kuatkanlah mereka yang mengalami dampak perang secara langsung dan terimalah jiwa-jiwa yang berjatuhan akibat perang, berilah mereka tempat di sisiMu. Doa ini kami haturkan dengan perantaraan Tuhan kami Yesus Kristus. Amin."

No comments:

Post a Comment